chefnbrewfestival.com merupakan blog informasi menarik dan juga kalian bisa mendapatkan ilmu tips dari saya adapun nice dalam blog ini adalah wisata, masakan, travel, otomotif, hiburan, teknologi, properti, fashion dan masi banyak lainnya

Apa Perbedaan antara Beras Setra Ramos, Pandan Wangi dan Rojolele?


Apa Perbedaan antara Beras Setra Ramos, Pandan Wangi dan Rojolele? Sebagai masyarakat Indonesia, beras tentu merupakan makanan pokok yang kita konsumsi sehari-hari. Namun, dari sekian banyak jenis beras yang ada di pasaran, seringkali kita masih bingung membedakan setiap varietas yang ada. Agar tidak membuat pilihan yang salah ketika membeli beras untuk konsumsi kita, mari kita cari tahu perbedaan karakteristik dari ketiga jenis beras favorit rakyat Indonesia. Mulai dari Setra Ramos, Pandan Wangi, hingga Rojolele.

Apa Perbedaan antara Beras Setra Ramos, Pandan Wangi dan Rojolele

Beras Setra Ramos
Pandan Wangi atau Setra Ramos adalah salah satu jenis beras yang paling umum karena harganya relatif sangat terjangkau dibandingkan beras premium lainnya. Rasa dan teksturnya juga dianggap sangat cocok dengan selera masyarakat perkotaan.

Karakteristik Setra Ramos adalah bentuknya yang agak panjang. Setra Ramos memiliki tekstur yang lebih pulen saat dimasak menjadi nasi. Namun, jika usianya terlalu lama, beras ini dapat menghasilkan tekstur beras yang basi dan mudah basi. Selain itu, nasi ini tidak memiliki aroma yang khas, jadi jika rasa pandan ketika dimasak, hampir pasti telah menambahkan bahan kimia lainnya dan Anda bisa kunjungi Beras pandan wangi.

Apa Perbedaan antara Beras Setra Ramos, Pandan Wangi dan Rojolele?

Beras Ramos Sentra adalah jenis IR yang ada di Jawa Barat. Harganya yang relatif murah membuat beras laris di pasaran. Ciri khas beras Ramos adalah bulir panjang. Teksturnya lebih pulen saat selesai. Namun sayangnya jika sudah disimpan selama 3 bulan, nasi Ramos akan mudah rusak dan terasa bertekstur saat dimasak. Selain bentuknya, perbedaan yang paling mencolok dari beras Ramos dan nasi pandan yang harum adalah aroma yang dikeluarkan saat nasi dimasak. Karena beras Ramos tidak mengeluarkan sama sekali.

Nasi Pandan Wangi
Pandan Wangi juga merupakan salah satu pilihan favorit beras Indonesia karena aromanya yang khas. Sesuai namanya, karakteristik Pandan Wangi adalah aroma pandana yang dapat dengan mudah tercium ketika nasi dimasak dengan sempurna. Ciri lainnya adalah bentuk nasi yang agak bulat, tidak oval seperti Setra Ramos. Selain itu, Pandan Wangi juga memiliki telinga yang cenderung berubah kekuningan. Jadi, Anda perlu waspada jika menemukan nasi putih berbentuk oval yang memiliki aroma pandan.

Pandan Wangi adalah jenis beras yang memiliki aroma pandan saat matang dari Cianjur. Nasi pandan wangi memiliki bentuk agak bulat dengan tekstur lebih pulen. Karena nasi ini menjadi primadona banyak orang. Warna nasi pandan yang wangi juga cenderung berubah menjadi kekuning-kuningan.

Nasi rojolele
Rojolele atau biasa juga disebut Beras Munjul memiliki bentuk yang cenderung dengan bagian putih yang agak mirip susu. Selain itu, nasi ini juga tidak memiliki aroma khas seperti wangi pandan. Nama Rojolele biasa digunakan oleh penduduk di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun namanya berubah menjadi Beras Muncul di wilayah Jawa Barat. Beras ini tidak memiliki aroma khas. Bentuknya agak putih susu bulat. Beras ini menghasilkan nasi pulen lunak. Harganya cukup mahal. Ini karena beras Rojolele tidak mudah dipanen.

Saat dimasak, nasi yang dihasilkan memiliki tekstur pulen yang lembut. Karena itu, Rojolele juga menjadi salah satu pilihan favorit rakyat Indonesia meski harganya agak lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya. Ini karena Rojolele adalah varietas yang usianya tidak panjang, sehingga tidak mudah dipanen.

Nasi solok
Beras Solok adalah salah satu beras unggulan yang berasal dari Sumatera Barat. Sesuai namanya, beras ini diproduksi di wilayah Solok. Beras Solok memiliki warna memanjang kecil dan putih. Beras yang dihasilkan dari beras agak lunak dan tidak mudah pecah. Ada beberapa jenis beras Solok. Mulai dari wangi pandan, cisokan, anak daro hingga caredek. Demikianlah Artikel tentang Apa Perbedaan antara Beras Setra Ramos, Pandan Wangi dan Rojolele? Semoga bermanfaat.

Related : Apa Perbedaan antara Beras Setra Ramos, Pandan Wangi dan Rojolele?