chefnbrewfestival.com merupakan blog informasi menarik dan juga kalian bisa mendapatkan ilmu tips dari saya adapun nice dalam blog ini adalah wisata, masakan, travel, otomotif, hiburan, teknologi, properti, fashion dan masi banyak lainnya

Pengertian Proctalgia Fugax, Gejala, dan Penyebabnya


Pernahkah Anda merasakan nyeri di anus? Meskipun tidak berbahaya, namun kondisi nyeri ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya jika nyeri ini terjadi selama berhari-hari sampai berminggu-minggu. Kondisi ini dinamakan proctalgia fugax. Masih penasaran dengan kondisi ini? simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Proctalgia Fugax, Gejala, dan Penyebabnya

Definisi Proctalgia Fugax
Pengertian proctalgia fugax memang harus dipahami dengan baik agar dapat mengetahui secara persis bagaimana kondisinya terjadi. Proctalgia fugax tersebut adalah suatu kondisi berupa timbulnya rasa sakit atau nyeri di anus (dubur) yang penyebabnya belum jelas. Rasa sakit tersebut umumnya disebabkan oleh kejang pada otot intens di anus atau di area sekitarnya.

Kondisi ini persis dengan penyebab anus sakit lainnya, yaitu sindrom levator ani. Akan tetapi, sensasi nyerinya sedikit berbeda dan dapat timbul selama berhari-hari, bukan hanya beberapa menit. Dilansir dari alodokter.com, 8%-18% orang di seluruh dunia pernah mengalami kasus ini dengan kondisi yang lebih sering dialami wanita dalam rentang usia 30-60 tahun.

Gejala yang Dialami Penderita
Berdasarkan pengertian proctalgia fugax, Anda dapat mengetahui bahwa gejala utamanya adala rasa nyeri yang dialami penderitanya. Rasa nyeri ini disertai dengan kejang otot di bagian dubur atau area di sekitarnya yang muncul mendadak dan berlangsung selama beberapa detik. Nyeri pada anus ini akan berhenti sendiri dan kebanyakan muncul pada malam hari, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi saat siang hari.

Dalam kasus yang parah, gejalanya makin parah juga. Penderitanya dapat mengalami nyeri anus yang tak kunjung berhenti, bahkan ada yang sampai disertai dengan timbulnya pendarahan di anus. Rasa pusing juga turut dialami penderita karena rasa nyeri yang hebat dan kehilangan darah. Jika rasa nyeri yang dialami ini tak tertahankan, penderitanya dapat kehilangan kesadaran, mengalami demam, badan menggigil, dan mengalami diare.

Penyebab Proctalgia Fugax
Pengertian proctalgia fugax di atas sangat membantu Anda memahami kondisi nyeri pada anus yang berlangsung secara tiba-tiba. Kondisi yang satu ini memang belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Akan tetapi, terdapat berbagai hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami rasa nyeri yang bahkan bisa semakin parah ini.

Faktor pemicu yang diduga bisa menyebabkan proctalgia fugax adalah stres, konstipasi, menstruasi atau haid, dan aktivitas seksual. Berbagai faktor ini memang benar adanya karena efeknya bisa menyebabkan timbulnya nyeri pada anus dan area di sekitarnya.

Berbagai faktor pemicu tersebut bisa terjadi karena adanya pengencangan otot-otot di bagian anus dan area di sekitarnya. Otot panggul yang tiba-tiba mengencang juga bisa berakibat timbulnya nyeri pada anus. Meskipun terjadi secara tiba-tiba, kondisi ini hanya berlangsung dalam beberapa saat saja dan akan segera hilang. Akan tetapi, Anda tetap harus waspada dengan upaya pencegahan agar kondisi ini tidak semakin parah.

Caranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat yaitu berserat dan cukup air agar tidak mengalami konstipasi atau sembelit. Tak hanya itu, kondsi stres yang bisa memicu nyeri pada anus dapat ditekan. Anda juga perlu mengontrol emosi yang sedang dialami agar tidak menjadi stres dan justru menimbulkan gangguan fisik ini.

Belajar dari pengertian proctalgia fugax tersebut, Anda dapat memahami bagaimana seharusnya mengatasi kondisi ini. Jika tiba-tiba mengalaminya, maka segeralah untuk duduk agar Anda bisa rileks. posisi duduk akan membantu menahan rasa nyeri yang dialami. Jika gejalanya semakin parah atau tak tertahankan lagi, segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya sekaligus mendapatkan penanganan tepat dari segi medis.

Related : Pengertian Proctalgia Fugax, Gejala, dan Penyebabnya