chefnbrewfestival.com merupakan blog informasi menarik dan juga kalian bisa mendapatkan ilmu tips dari saya adapun nice dalam blog ini adalah wisata, masakan, travel, otomotif, hiburan, teknologi, properti, fashion dan masi banyak lainnya

3 Ciri yang Mudah Dilihat Saat Penyakit Kurap Berangsur Hilang


Salah satu penyakit kulit yang kerap diderita oleh kebanyakan orang adalah kurap atau dermatofitosis. Biasanya bagian kulit yang terkena infeksi antara lain kulit bagian tangan, bagian kulit kepala, bagian leher, dan bagian kaki. Penyakit kulit ini juga termasuk yang gampang menular melalui kontak langsung antar kulit, benda, dan hewan yang terinfeksi.

3 Tanda Kurap Akan Sembuh dan Hilang
Kondisi saat terkena infeksi jamur memang sangat mengganggu karena kulit menjadi kasar dan terasa sangat gatal. Biasanya, kurap akan hilang dengan sendirinya setelah sekitar 2 minggu. Namun, dalam kasus tertentu, ada juga yang menderita lebih lama sehingga perlu dirujuk ke dokter. Berikut beberapa ciri-ciri kurap yang mulai berangsur sembuh :

3 Ciri yang Mudah Dilihat Saat Penyakit Kurap Berangsur Hilang

a.    Warna kemerahan memucat
Penyakit kulit jenis dermatofitosis ini menyebabkan munculnya ruam yang berwarna kemerahan. Ruam tersebut pun tidak berupa titik saja tetapi luas, melingkar atau memanjang. Pada saat akan sembuh, maka ruam kemerahan mulai berubah menjadi sedikit pucat dan memutih. Nantinya dimungkinkan akan meninggalkan bekas. Namun masih dapat dihilangkan menggunakan krim dari dokter.

b.    Sisik mulai mengelupas
Permukaan kulit yang terinfeksi jamur aktif tidak hanya memunculkan ruam merah tetapi juga menjadikan kulit sangat kering. Karena kurangnya kelembaban, maka lama-lama kulit akan bersisik bahkan menebal. Saat akan sembuh, sisik yang menumpuk pada permukaan kulit akan mulai mengelupas sehingga kulit berangsur normal. Namun, jangan sampai mengabaikan sisik yang terkelupas.

Apabila Anda mengabaikan dan membiarkannya jatuh sembarangan, maka dikhawatirkan akan memicu infeksi baru di bagian kulit yang lain. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan sisa-sisa sisik yang mengelupas dan langsung dibuang. Selain itu, jangan sekali-kali sengaja menggaruk atau memaksa menghilangkan sisik karena hal tersebut akan menimbulkan luka dan nanah.

c.     Rasa gatal mulai berkurang
Hal yang terkadang tidak dapat ditahan oleh penderita dermatofitosis adalah rasa gatal yang intensitasnya begitu kuat hingga timbul keinginan untuk terus menerus menggaruk bagian terinfeksi. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, maka hindari menggaruk secara langsung karena akan melukai permukaan kulit. Sebaiknya, cukup usap perlahan menggunakan perantara kain lembut.

Namun, pada saat infeksi mulai berkurang dan akan sembuh maka rasa gatal pun akan berangsur hilang. Walaupun terkadang masih terasa namun intensitasnya sudah tidak sekuat sebelumnya sehingga lebih mudah ditahan. Apabila timbul rasa ingin menggaruk, maka cukup ditiup-tiup saja bagian yang gatal. Dengan begitu, resiko luka yang perih dapat dihindari.

Kurap dapat disembuhkan menggunakan bahan alami seperti bawang putih atau lidah buaya, dan juga salep/krim yang sesuai resep dokter. Anda dapat memanfaatkan bahan alami sebagai pertolongan pertama untuk mengurangi rasa gatal dan sensasi panas. Apabila infeksi semakin parah dan tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, maka segera konsultasikan ke dokter.

Related : 3 Ciri yang Mudah Dilihat Saat Penyakit Kurap Berangsur Hilang