chefnbrewfestival.com merupakan blog informasi menarik dan juga kalian bisa mendapatkan ilmu tips dari saya adapun nice dalam blog ini adalah wisata, masakan, travel, otomotif, hiburan, teknologi, properti, fashion dan masi banyak lainnya

Rebranding Apkah Anda Harus Melakukan Itu ?

Kami yakin bahwa setidaknya 70% dari Kamu mengenal beberapa brand yang telah mengubah logo, desain, alias beralih dari taktik branding awal mereka. Rebranding mungkin istilah yang tak jarang terdengar, tetapi faktanya terkadang tak semua bisnis sukses meperbuat rebranding. Apakah vendor pernikahan juga meperbuat rebranding? Ya. Tak sedikit dari mereka yang telah lama berada di industri ini memutuskan untuk mengubah brand supaya masih terkesan baru.

Rebranding Apkah Anda Harus Melakukan Itu ?

Di postingan ini, kita bakal mengulas hal-hal seputar rebranding - mengapa bisnis meperbuatnya, faktor yang wajib dipertimbangkan serta bagaimana Kamu meperbuat rebranding.

Mengapa rebranding?
Jadi mengapa bisnis memutuskan untuk rebranding? Mungkin seorang gambargrafer sedang menggeluti gaya gambargrafi baru serta menemukan gaya yang sesuai dengan karakteristik mereka. Alias mungkin, persaingan yang ketat juga bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong mereka untuk berkembang serta tampil beda. Meskipun ada tak sedikit argumen mengapa bisnis memutuskan untuk rebranding, berikut tiga argumen mutlak mengapa vendor meperbuatnya:

Perubahan Preferensi Klien
Ada saat di mana Kamu merasa audiens Kamu berubah, selera serta opsi mereka telah berubah seiring dengan berkembangnya tren. Pastinya, kita mengerti bagaimana industri pernikahan berubah seiring dengan bergantinya musim, dipengaruhi oleh industri fashion serta pop-culture. Faktor ini menjadi salah satu argumen keren mengapa bisnis mempertimbangkan untuk rebranding.

Perubahan Anda
Kami percaya bahwa seiring berkembangnya bisnis, pekerjaan serta tujuan Kamu juga ikut berubah mengikuti siklus tren. Dengan demikian, dengan cara tak langsung Kamu memberbagi pengalaman serta desain baru untuk menyesuaikannya. Faktor ini semacam memperbarui image serta brand Kamu untuk memberi 'desain segar' terhadap pelanggan Anda.

Persaingan
Terbaru, kompetisi pasar. Itu tak sempat beres. Dengan terus tak sedikit bisnis yang memperkenalkan produk alias layanan yang serupa, Kamu pun terdorong untuk berubah serta berkembang. Bukan berarti Kamu wajib mengubah segalanya. Tetapi, rebranding diperbuat untuk menunjukkan keunikan serta apa yang paling menonjol dari bisnis Anda.

Apa yang wajib dipertimbangkan?
Selain tiga argumen di atas, ada beberapa pertimbangan yang wajib dipikirkan ulang sebelum Kamu memutuskan untuk meperbuat rebranding. Bagianan ini bisa menjadi proses yang membosankan, memakan waktu, uang serta usaha Anda, untuk itu butuh ditinjau ulang serta dipertimbangkan dalam jangka waktu lama.

Jangan membenahi sesuatu yang tak salah
Apabila tak ada yang wajib diperbaiki, maka biarkan saja. Apabila Kamu mencoba untuk me-rebranding bisnis Kamu disaat brand tersebut sedang berada di puncak popularitas, disukai oleh klien Anda, tak ada keluhan alias penurunan aktivitas bisnis, kita sarankan untuk tak meperbuatnya. Contoh, bisnis gambargrafi Kamu sedang berkembang serta Kamu ingin meperbuat rebranding supaya bisnis masih berlangsung baik. Apa itu argumen yang cocok? Pastikan ada tujuan yang ingin dicapai dengan melalui proses rebranding. Ini bakal membikin bisnis Kamu diterima baik oleh klien.

Menjadi penentu
Branding bukanlah faktor yang bisa diperbuat setiap saat. Jadi untuk kebaikan bisnis Anda, keputusan untuk meperbuat rebranding benar-benar penting. Yang paling penting, jangan meperbuat rebranding dengan setengah-setengah sebab itu bakal berakibat negatif pada bisnis Anda. Sebab itu, Kamu butuh menentukan apakah bakal mengubah nama alias logo baru untuk proses rebranding bisnis Anda. Pertimbangkan apakah ini adalah opsi paling baik bagi bisnis Anda, untuk menghindari kemunduran / kegagalan akibat taktik rebranding yang tak sukses.

Bagaimana untuk meperbuat rebranding?
Tidak ada langkah yang sepenuhnya cocok untuk meperbuat rebranding di dalam bisnis, sebab beberapa pendekatan bergantung pada perubahan yang dipilih. Tetapi, apa pun opsi rebranding yang Kamu perbuat, ada beberapa prinsip yang wajib Kamu ketahui.

Brand experience yang konsisten
Poin ini sangat krusial. Butuh diingat bahwa untuk membikin brand experience Kamu konsisten alias menjadi lebih baik! Kenapa begitu? Faktor ini bakal membikin klien Kamu yang melalui fase rebranding tak merasa bimbang menonton perubahan bisnis Kamu serta mereka bisa menikmati pengalaman yang lebih baik lagi melalui proses rebranding tersebut.

Tujuan baru
Apabila proses rebranding Kamu menampilkan desain baru, pastikan desain tersebut sesuai dengan brand Anda. Contohnya, Kamu mengubah logo bisnis Anda, pastikan logo tersebut telah dipikirkan dengan cara matang jadi ketika klien menonton logo Anda, logo tersebut terkesan mewakili merk serta kepribadian bisnis Anda.

Mengatur ulang struktur alias proses bisnis
Jadikan perjalanan rebranding Kamu sebagai kesempatan untuk membangun ulang struktur bisnis Anda. Mesikipun kita tahu bahwa umumnya bisnis pernikahan termasuk dalam SME (Small Medium Enterprise), tetapi tak ada salahnya untuk meperbuat pemeriksaan internal terhadap bisnis Kamu - semacam jabatan serta posisi semacam titel serta posisi, apakah Kamu membutuhkan tenaga kerja baru, alias apabila Kamu penyedia jasa wedding planning yang terdiri dari tim kecil alias hanya dua orang, apakah Kamu membutuhkan tenaga kerja tambahan? alias mungkin suatu  kantor baru? Kamu bisa mengevaluasi proses bisnis Kamu pada fase ini serta meninjau apakah Kamu membutuhkan sesuatu untuk melayani permintaan klien, alias membikin klien Kamu merasa spesial dengan mengirimkan hadiah seusai project Kamu beres contohnya.

Bersikap komunikatif
Ketika Kamu beres membangun ulang brand Anda, saatnya untuk memkabarhukannya! Kabarhu klien Kamu melalui e-mail, sebarkan ke akun sosial media Anda, serta juga infokan ke sesama vendor pernikahan! Kirimkan mereka hadiah termasuk kartu nama baru Kamu alias flyer, surat alias tanda apresiasi sebagai bentuk terima kasih.
Rebranding bukanlah sesuatu yang bisa Kamu perbuat dengan terburu-buru. Proses ini membutuhkan sesi brainstorming yang panjang, serta terkadang meliputi dilema untuk memprediksi bagaimana bisnis Kamu selanjutnya seusai rebranding. Apakah sukses alias tidak? Nah, itu tergantung dari seberapa besar usaha yang Kamu perbuat saat membangun brand baru tersebut.

So, should you rebrand or not?
Keputusan terbaru ada di tangan Anda. Kita tak bilang bahwa semua bisnis wajib meperbuatnya. Apabila Kamu puas dengan perkembangan bisnis Kamu begitu juga dengan semua orang, mengapa wajib rebranding? Di segi lain, bagi sebagian bisnis, rebranding adalah langkah cocok untuk memperbaharui kinerja bisnis Anda. Tetapi, apabila menurut Kamu bisnis Kamu berlangsung baik, maka tinjau kembali pernyataan ini: jangan membenahi sesuatu yang tak rusak.

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum meperbuat rebranding untuk bisnis pernikahan Anda, apabila Kamu berpikir telah saatnya untuk memperbaharuinya dengan sesuatu yang lebih hebat untuk ditawarkan terhadap klien Anda, silakan perbuat!

Related : Rebranding Apkah Anda Harus Melakukan Itu ?